Kamis, 09 November 2017

#Day 8: Sumbu Pendek –Tantangan 10 hari komunikasi produktif


Ujian berat dari sebuah komunikasi produktif adalah kesabaran.  Bagaimana kita bisa mengendalikan emosi agar tetap stabil. Itu adalah pekerjaan yang sulit jika tidak sering dilatih.  Tantangan dari game ini ternyata efektif sebagai ajang latihan buat ku. Bagaimana tidak, jika ingin melaporkan sesuatu yang positif maka berusahalah melakukan komunikasi produktif dengan bahasa positif dalam menjalankan tantangan hehe. Kegagalan berulang dalam komunikasi produktif menjadi sumbu yang cukup ampuh untuk menyulut kemarahan ditambah kondisi diri yang lelah.
            Komunikasi yang masih belum berhasil hingga hari ini ku ajarkan untuk si kecil adalah toilet training.  Hampir tiga pekan sounding pipis di toilet.  Tetapi tetap saja setelah pipis si kecil  semangat lapor.
“Mi..pipis..pipis…”, panggilnya polos saat aku sibuk memasak didapur. Ku lihat pipisnya sudah tergenang dilantai.
“ Azam pipis?…kenapa baru bilang sayang? . Mi kan sudah pernah bilang, kalau kebelet pipis segera bilang, kita ke toilet”, azam hanya menatapku.  Ku lihat ia mencoba menterjemahkan maksudku.
“Nanti kalau kebelet pipis bilang ya nak”, tanyaku sambil menatapnya.
“ Ya..”, jawabnya dengan ekspresi lugu si bayik sambil menganggukkan kepala.  Aku bergegas membersihkan bekas pipisnya.

Selang dua jam azam kembali pipis dicelananya. Ku dengar dia berteriak “ Pipis…pipis….mi..pipis”, ku lihat dia menunjuk arah air tergenang. Sambil istigfar ku menghela nafas, “Ya Allah naaaaak, kan tadi udah umi bilaaang…..”, terangku sambil berusaha menahan nada emosi yang bercampur lelas agar tidak mengomeli bayik 21 bulan itu.  Kali ketiga azam masih pipis dicelana, aku hanya diam sambil membersihkan semuanya. Diam menahan kesal sambil istighfar mencoba memahami barangkali memang belum masanya azam mengerti.

Note:
Ø  Segala apa yang engkau ajarkan untuk anak mu, amanah titipanNya, insyallah akan menjadi amal jariyah yang pahalanya tidak pernah putus.
Ø  Ikhtiar sabar yang dijalani akan sebanding dengan hasil yang dituai. Saat hasil itu engkau lihat, maka engkau akan lupa susah payah itu dulu ^^   

           
#hari8
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar