Kamis, 16 November 2017

#Day 15: Empati untuk Damai –Tantangan 10 hari komunikasi produktif



           
            Komunikasi yang melibatkan orang orang dewasa akan sangat banyak gesekan yang membuat tidak nyaman karena masing2 sudah memiliki sifat ‘keakuan’.  Oleh karena itu sangat diperlukan pengendalian diri yang luar biasa terutama komunikasi yang melibatkan lelaki dan perempuan (red: suami istri).  Kebanyakan singgungan dalam komunikasi yang aku jalani dengan suami diawali dari sikapku yang suka tersinggung, diam, ngambekan jika ada sesuatu hal yang tak cocok di hatiku hingga suami merasa tidak nyaman.  Kondisi ini membuat suamipun badmood.  Sikap fitrah wanita yang ingin di mengerti, minta diperhatikan, minta dipahami dengan kode terkadang tidak ditangkap oleh suami sehingga membuat suasana hati kacau, raut muka masam dan nada suara yang jutek.
            Hari ini aku mencoba memahami keadaan dan mengkondisikan diri dari hal yang tidak nyaman dihati karena suami. Aku memperbanyak dzikir minta dilembutkan hati agar lebih nerimo dengan keadaan yang sedang dijalani.  Biasanya dalam kondisi ini, aku sudah diam menahan kesal.  Tapi alhamdilullah aku bisa belajar empati, mengontrol hati dan nada suara agar tidak naik intonasi..

#hari15
#gamelevel1                                                                
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip











Tidak ada komentar:

Posting Komentar