Jumat, 18 Januari 2013

BU DIKTI

Beasiswa Unggulan DIKTI

berhubungan beberapa rekan bertanya tentang tata cara mengurus Beasiswa Unggulan Dikti yang sebentar lagi akan di buka, maka untuk memudahkan informasi ini saya share disini. semoga bermanfaat ^^

Tata cara mengurus Beasiswa Unggulan Dikti

1.    Pelajari system penerimaan mahasiswa pascasarjana universitas yang ingin di tuju. Misalanya mau melanjutkan kesekolah pasca IPB maka silahkan search semua informasi yang berkaitan dengan hal tersebut di web pasca ipb. Tujuannya agar kita mudah untuk mengatur langkah, stratergi persiapan kedepannya.
2.      Catet, urus dan lengkapi semua syaratnya sejak sesegara mungkin. Hindari Hmin seminggu deadlead baru diurus. Gak bakalan kelar. Karena birokrasi kampus terkadang ribet. Hehe.
3.      Download dan Pelajari panduan BU DIKTI sebelumnya karena panduan BU DIKTI terbaru biasanya baru diupload februari awal tahun (Biasanya tidak terlalu banyak perbedaan)
4.      Download buku panduan BU dikti dengan mengetik “panduan BU DIKTI 2012 PDF” di google.
5.      Untuk bisa mengurus BU pastikan Kita harus sudah lulus diterima dulu di sekolah pascasarjana Universitas yang dituju karena DIKTI hanya akan memberikan beasiswa ketika mahasiswa telah dinyatakan telah diterima di sekolah pasca sarjana.
6.      Lengkapi semua dokumen yang diminta tanpa terkecuali karena ini merupakan salah satu strategi agar lulus BU.
7.      BU hanya seleksi administrasi, jika adminstrasi yang diminta lengkap insyaallah lulus.
8.      BU DIKTI merupakan fullschoolership
9.      BU DIKTI adalah beasiswa calon dosen yang setelah selesai sekolah s2 kita akan ditempatkan untuk mengabdi diuniversitas.
jika sekolah pascasarjana yang dituju itu adalah Institut Pertanian Bogor, berikut infonya:
1.      Jika universitas magister yang teman2 tuju adalah IPB, teman2 cukup mengikuti seleksi adminstrasi tanpa TPA dan tanpa datang ke IPB bogor dengan syarat IPK terkahir di atas 3. Berangkatnya pas mw daftar ulang aja dan langsung kul. Jadi lebih hemat J
2.      Jika dapat bu dikti semua dana ditanggung. Termasuk ongkos tiket.
3.      Unduh syarat pendaftaran s2 IPB di http://pasca.ipb.ac.id
4.      Jika ipk kurang dari 3, mash bisa diterima IPB dengan mengikuti TPA dengan status perkuliahan mahasiswa percobaan.
5.      Jika dalam rentang waktu evaluasi persemester tidak mendapat ipk diatas 2 maka akan di drop out.
Jika ada yang kurang jelas silahkan hub efa riana di fha.gusdi@gmail.com.

5 komentar:

  1. Ralat poin 5, tidak mendapat ipk >3.0 maka akan di drop out

    BalasHapus
    Balasan
    1. like this bang jun...thanks for correction :)

      Hapus
  2. makasih infonya kk. Oh, yaa.. klo pendaftaran IPB smster ganjil buka, kasih info lg yaa kak

    BalasHapus
  3. Untuk bisa mengurus BU Kita harus sudah lulus diterima dulu di sekolah pascasarjana Universitas yang dituju, trus klo mau yg dituju adalah IPB, gak usah ikut TPA.. trus berkas apa saja yg harus dirampungkan?

    BalasHapus