Rabu, 23 Januari 2013

Dahsyat Si mungil




Aku heran dengan dosen dan teman2 ku yang tertarik dengan mikroba. Mikroba yang dibahas dalam mata kuliah mikrobiologi yang ku pelajari saat semester 4. Apa yang apa yang menarik dari makhluk mungil itu? Tak terlihat. Aku benar2 keki dengan saat aku selalu flu ringan sehabis praktikum di lab mikrobiologi. Aku masih saja heran keajaiban si mungih hingga bisa membuat beberapa orang begitu jatuh cinta dengannya. Oke. Aku sudah memutuskan untuk berkenalan dengannya. Kamu tahu dimana mencarinya? Tak perlu jauh2 karena mereka juga se famous manusia, eh gak percaya? Buktinya mereka punya bilbiografi yang sangat lengkap ditulis di buku mikrobiologi dasar. Aku aja gak ada, kamu jugakan..Hehehe…mw ikut aku berpetualang? Hayyuuuuukkk….^_^
****
Katanya mikrobiologi itu adalah sebuah nama ilmu yang mempelajari organism berukuran sangat kecil/mungil. Geng si mungil ini terdiri dari 5 sekawan yang namanya unik, ada si Mbak teri, mas Proto-zoa, dek vir-us, kak al-gae dan mbok cen-dawan. Yang melapor keberadaan mereka itu namanya paman antony van leeuwenhoek. Masing2 mereka ternyata punya profesi, ada yang membuat penyakit, ada yang mengutungkan untuk partner mereka manusia misalnya dalam pembuatan anggur, yougurt, keju, penisilin dll. Para geng ini ternyata punya nama2 beken untuk mereka. Ni nih kalau mau tau,
“virulensi nama untuk prestasi mereka yang mampu (derajat kemampuan) menimbulkan penyakit pada inangnya (mikroorganisme pathogen)”
“koloni adalah massa individu suatu jenis yang hidup bersama”
“biakan itu mikrob atau sel jaringan yang dibudidayakan dalam medium hara”
“biakan murni itu dia hanya terdiri dari satu jenis mikroba”
“medium itu zat hara yang mengandung inti sari makanan berupa cairan atau agar yang digunakan untuk menumbuhkan bakteri, sel atau kalus”
Katanya salah satu geng mereka yang namanya Mbaketeri  itu bisa buat yougurt loh dengan cara fermentasi namanya. si Mbak menguraikan senyawa organic dalam suasana tidak ada oksigen (anaerob) dan menghasilkan energy, peragian..
Hmmm penjelasan diatas itu baru pengantar. Ni baru ku akan membawamu kedunia mereka, the five yang sesungguhnya…pantengin teruus jalan ini, okeeh..^_^..
*****
Yuk kenalan dengan “the five”
Mereka memang berlima,tetapi tak semua mereka sangat dekat dengan kelima pribadi tersebut. Mbakteri punya sahabat dekat namanya siano (sianobakteria), mereka kasi nama genk mereka protis proka, sedangkan yang lain kayak mas proto, kak alga, dek vir-us dan mbok cen-dawan buat geng juga namanya protis euka. Yuuk kita kenal lebih jauh kedua profil the gengk..
Geng protis proka itu ada si Mbakteri. Ketika diminta perkenalan diri mbak-teri bercerita dengan semangat
 “ perkenalkan saya mbak-teri. Saya simungil yang memiliki banyak bentuk ada elips/bola (kokus, diplococus, streptococcus, tetracocus,sarsina, stafilococus), silindris/batang (basilus), spiral (bakteri koma). Dalam tubuh ku ada membrane inti, ada sitoplasma, ribosom, mesosom,dinding sel sedangkan Dibadan saya ada flagel untuk saya bergerak, ada pilus/pili untuk masuknya materi genetic saat perkawinan atau untuk alat melekat, dan kapsul yang melindungi tubuh saya. Tanpa kapsul saya kehilangan daya virulensi, dinding sel yang kaku. Dinding sel ku berada dibawah lapisan lender/kapsul dan berada diatas memnran sitoplasma. Dinding sel ku kaku karena mengandung peptidoglikan. Ohya,, membrane sitoplasma tugasnya untuk mengendalikan substansi kimia yang larut, mesosom untuk pembuatan (sintesis) dinding sel dan pembelahan nukleus ”
Dia diam sebentar kemudian meneguk air yang ada dimejanya. Mungkin haus karena asyik bercerita. Tanpa dikomando dia melanjutkan ceritanya kembali.
“dinding sel ku ini unik. Karena adanya perbedaan kandungan, maka aku dibagi menjadi 2, mbakteri gram positif dan mbakteri gram negatif. Mbakteri negative dia punya dinding tipis, peptidoglikan sedikit, kurang rentan dengan penisilin, nutrisi sederhana, kehilangan warna ungu sedangkan gram positif sebaliknya.
Dunia dongeng si mungil protista
Dua para peri dan kurcaci dipenuhi makhluk cantik dengan rambut panjang tergerai hitam, coklat dan pirang, tubuh sebesar capung bersayap, dengan rumah2 keju yang bergelantungan di pohon bunga mawar merah. Mereka bermandikan serbuk sari dan madu kembang yang mekar. Itu satu sisi dunia negeri dong`eng peri dan kurcaci.
Bagaimana dengan si mungil protista. Ketika membuka pintu awal dunia, penduduknya adalah para jasad renik uniseluler, bercirikan mirip sel hijaunya tumbuhan atau sel lasaknya binatang atau ada yang menunggangi keduanya, bahan biologi tubuhnya sederhana. Itu cirri-cirinya. Namanya adalah si mungil protista. Walaupun di mungil protis udah berkeluarga. Dan sekarang dia sudah punya 2 orang anak kembar. Namanya sangat khas, proka dan euka. Mereka lahir dari seorang ayah yang bernama sel. Sel menjadi bagian dari hidup mereka. Tanpa sel, merekapun takkan wujud didunia ini. Kisah sel bertemu dengan protis cukup sederhana. Sel dikenalkan oleh pamannya Robert hook.
Walau kakak beradik proka dan euka punya sifat yang sangat berbeda. Proka, sang kakak yang hiper aktif. Dia tidak membutuhkan perlindungan dari dalam (membrane), tetapi dia punya tameng luar yang membuat tubuhnya kaku, sang tameng itu dia kasi nama kapsul/ lapisan lender. Proka selalu membagi apa yang dia punya dengan pembelahan yang sederhana (aseksual sederhana), dia mengandung mukopeptida yang memberikan kekakuan struktur selnya, punya flagel untuk motilitas (bergerak). Perut proka selalu penuh dengan cairan (sitoplasma) dan dalam cairan tersebut ada beberapa substansi yang tersimpan, yaitu Ribos (ribosom), kiting granul (granula), DNA (nucleus), dan Mesopotamia (mesosom).Teman proka dalah bakteri dan sianobalteria.
Euka lebih popular dari proka. Euka lebih manja hingga di perlu perlindungan yang ekstensif yang dilakukan oleh membrane RE. teman2 RE diantaranya ada nucleus yang berisi materi genetic seperti DNa dalam bentuk kromosom, RNa dan Protein. Dalam nucleus ada tunas bernama nukleoulus yang dipenuhi daun RNA. Euka sering memulai dialog dengan badan golgi, dan dia sering penyulang pernyataannya untuk si golgi dengan ungkapan
“ golgi, kamu itu pipih kayak cakram. Kamu cukup bantuk aku untuk menngangkut protein dan polisakarida ke luar euka.” Dan kadang tak lepas dia juga berkata dengan si mito (miyokondria)
“ mito, kamu cukup bantu aku untuk memproduksi energy dalam proses seluler”
“vakul (vakuola), mikrotubula/filament, flaggel dan silia”

Posisi dunia si mungil
Inilah hidup.inilah dunia yang penuh pengotakan dalam kelas2 berlabel. Si mungil protis juga tak bisa mengelak. Dunianya tidak punya pilihan, jika ingin legal dan bernama (nomenklatur) harus masuk kedalam system klasifikasi yang diusulkan oleh Carolus linneouse. Tak lengah sang ilmuan manusia bernama haekal mengobok2 dunia simungil tanpa izin. Mengotakkannya menjadi 2 kasta : protis tk rendah (prokariotik) (si Mbak) dan protis tk tinggi (eukariotik) ( 4 kawanan lainnya). Ada juga yang namanya whittaker mengelompokkan menjadi 5 kingdom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar