Senin, 27 November 2017

Adab Suami terhadap Isteri

sumber : kawanimut

1.        Mengadakan walimatul ‘ursy (jamuan kenduri) ketika akan menikah 

2.       Hendaklah bersabar dalam memperbaiki tingkah laku istri yang tidak/kurang baik.  Sabda Nabi saw, "Barangsiapa bersabar atas perangai buruk isterinya , ia dianugerahkan oleh Allah pahala seperti diberi pada nabi Ayub dan barangsiapa bersabar atas perangai buruk suaminya niscaya ia dianuagerahi oleh Allah pahala seperti Asiah isteri Fir'aun”.

3.       Hendaklah menegur dan marah jika istri melakukan perbuatan yang melanggar syariat (yang disukai oleh nafsu perempuan itu menyalahi syariat).  Sabda Nabi saw, "Binasa dan jahat lelaki yang jadi hamba isterinya. Apabila seorang lelaki mengikuti isterinya dalam sesuatu yang disukai oleh hawa nafsu isterinya , jadilah dia hamba isterinya dan  binasalah dia dan jadilah dia diperintah oleh isterinya (dirinya jadi milik perempuan dan bukan sebaliknya)”.

4.      Cemburu secara wajar

5.  Tidak biarkan isterinya berbicara dengan lelaki lain atau membiarkan lelaki lain masuk kedalam rumahnya tanpa izinnya. Dan tidak pula berlebihan dalam berprasangka kepada istrinya tanpa suatu sebab yang jelas

6.      Suami hendaklah mengajar fardhu ain termasuk hukum haid kepada isterinya.

7.    Suami hendaklah memerintahkan isterinya untuk melaksanakan shalat. Jika ia engan maka asingkanlah tidur dengannya 1 hingga 3 malam.  Jika istri masih melalaikan shalatnya, pukul sedikit tanpa melukai fisiknya.

8.      Hendaklah suami ridho terhadap istrinya untuk masuk syurga saat istrinya meninggal dunia. 

Dari kitab sirilsalikin
From : "M & M" <tw9796@pd.jaring.my>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar