Selasa, 07 Mei 2013

ozon

PENIPISAN OZON, PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING)

 DAN PERUBAHAN IKLIM

Efa Riana
Green Student Journalist (GSJ)  2010, Riau Pos
Department of Biologi, University of Riau

 Penipisan ozon, perubahan iklim dan global warming memiliki hubungan linier dalam satu kesatuan kerusakan lingkungan. Ozon terdiri dari tiga molekul oksigen yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Ozon dihasilkan melalui pencampuran cahaya ultraviolet dan atmosfer dibumi dengan membentuk lapisan ozon pada ketinggian 50 Km yang tertumpu dibawah stratosfer. Mekanisme utama dari lapisan ozon adalah sebagai penghasil dan perpindahan dalam atmosfer dengan bentuk penyerapan tenaga sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Sinar UV dikaitkan dengan pembentukan kanker kulit, kerusakan genetic, sisitem imunitas hewan, organism aquatic dalam rantai makanan. Sinar ultraviolet berperan dalam pembentukan ozon dengan menguraikan molekul O3 membentuk unsur oksigen Unsur oksigen ini bergabung dengan molekul yang tidak terurai dan membentuk O3. Kadangkala unsur oksigen akan bergabung dengan N2 untuk membentuk nitrogen oksida; yang apabila bercampur dengan cahaya mampu membentuk ozon. Jumlah ozon dalam atmosfer berubah menurut lokasi geografi dan musim. Keseimbangan ozon dilihat dari Jumlah ozon dalam atmosfer berubah menurut lokasi geografi dan musim. Ozon ditentukan dalam satuan Dobson (Du) di mana, sebagai contoh, 300 Du setara dengan 3 mm tebal lapisan ozon yang tulen jika dimampatkan ke tekanan permukaan laut. Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala-besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah .
Kloroflorokarbon (CFC) adalah senyawa yang sangat banyak digunakan oleh manusia dalam kulkas, air condition (AC),bahan dorong dalam penyembur, pembuatan busa, bahan pelarut terutama bagi kilangkilang elektronik dan sebagainya. CFC diketahui sebagai senyawa yang dapat mengganggu keseimbangan ozon dengan meningkatkan kadar penipisan ozon. Bahan kimia ini menipiskan lapisan ozon dengan bertindak sebagai katalis dalam suatu reaksi kimia yang merubah ozon (O3dan O1) menjadi oksigen  (O2). Reaksi ini dipercepat dengan adanya kristal-kristal es di stratosfer yang merupakan salah satu dari sumber bagi kerugian besar ozon di Antartic( kehilangan sebesar 50-60%). Karena CFC bertindak sebagai katalis, maka mereka tidak dikonsumsi dalam reaksi yang merubah ozon menjadi oksigen, tetapi tetap ada di stratosfer dan terus menerus merusak ozon selama bertahun-tahun. Selain CFC ada beberapa bahan lain yang diketahui sebagai penyebab penipisan ozon seperti  Halon yang digunakan untuk pemadaman kebakaran Carbon Tetra Chloride (CTC), Carbon tetra klorida (CCl4), Methylchloroform dan Methyl Bromide.
Komposisi kimiawi dari atmosfer sedang mengalami perubahan sejalan dengan penambahan gas rumah kaca akibat Akumulasi karbon dioksida, metan, asam sitrat dan senyawa-senyawa kimia penyebab penipisan lapisan ozon. Secara normal, Energi dari matahari memacu cuaca dan iklim bumi serta memanasi permukaan bumi; sebaliknya bumi mengembalikan energi tersebut ke angkasa. Gas rumah kaca pada atomsfer (uap air, karbon dioksida dan gas lainnya) menyaring sejumlah energi yang dipancarkan, menahan panas seperti rumah kaca. Tanpa efek rumah kaca natural ini maka suhu akan lebih rendah dari yang ada sekarang dan kehidupan seperti yang ada sekarang tidak mungkin ada. Jadi gas rumah kaca menyebabkan suhu udara di permukaan bumi menjadi lebih nyaman sekitar 60°F/15°C.  lapisan ozon berfungsi dalam menjaga keseimbangan panas bumi. penipisan lapisan ozon tidak mampu lagi menyerap dan memantulkan dengan sempurna akumulasi gas rumah kaca yang berlebihan sehingga suhu udara dipermukaan bumi berubah tidak teratur. Peningkatan Panas bumi secara global (Global warming) yang tidak teratur akibat terperangkapnya gas-gas rumah kaca di atmosfir berpengaruh terhadap tidak teraturnya siklus alam yang terjadi di bumi sehingga berujung pada perubahan iklim di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar