Kamis, 21 Februari 2013

Nikmat Sekelip Mata


Nikmat Sekelip Mata

"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, maka niscaya Allah kan membuka jalan keluar baginya. dan Dia memberinya rezeky dari arah yang tak disangka2. dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah niscaya allah akan mencukupkan keperluannya. sungguh Allah melaksanakan urusanNYA. sungguh Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu"(Attalaq 2 to 3)

Aku ngefans banget dengan ayat dari Tuhanku, gimana gak, DIA cuma mensyaratkan kita hambaNYA untuk takwa dan tawakkal aja, trus DIa yang nyelesain urusan2 kita dan mencukupkan semua keperluan kita (bukan berarti aku bilang aku ndiri udah takwa dan tawakkal ya, tapi aku dalam proses dan selamanya dalam proses kesana)..keajaiban ini terjadi lagi dalam episode hidup ku hari ini.  masuk semester 2 perkuliahan disuguhkan dengan jadwal yang sangat padat, tuntutan untuk publikasi jurnal sebagai syarat sidang master, sedikit membuat puyeng untuk mengatur jadwal dan strategi perkuliahan. emang dari awal semester aku udah dapat pembimbing penelitian. dan selama ini aku baru magang aja dilab karena belum pernah sama sekali kerja dengan molekuler. masuk semester 2 ini aku sibuk mengatur jadwal dan strategi supaya bisa kelar kuliah tepat waktu. pagi ini, tiba2 pembimbing ku minta untuk aku bertemu beliau. aku kalap karena satu semester lalu aku hanya "bermain2" saja dilab. pesan untuk mempelajari jurnal2 dan mulai menulis proposal penelitian waktu itu tak kuindahkan. aku menebak pemanggilan ini tentu berhubungan dengan proyek penelitian beliau yang telah ku sanggupi untuk dilakukan. akhirnya aku memutuskan sebelum jadwal bertemu dengan pak soni, aku merilis dulu jadwal penelitian usulanku supaya nyambung saat berdiskusi. aku masih punya waktu sampai besok untuk mempersiapkannya. aku mulai mengkalkulasi waktu penelitian plus menulis thesis yang ku targetkan sendiri kelar dalam tahun ini sehingga januari 2014 aku bisa publikasi untuk jurnal seperti yang dituntut oleh pihak DIKTI. sambil nulis sambil mikir, tapi apakah mungkin ini terealisasi. sedikit pesimis. gimana tidak, aku sangat ngebleng dengan konsep dan praktek genetika tapi nekat melakukan penelitian perakitan tanaman transgenik. tapi aku mau, aku mau bekerja keras dan belajar lebih giat lagi, bisik hati ku. Bismillah...ku raih buku dan pensil dari tas export dan mulai ku tulis perencanaan waktu penelitian. kalkulasi penelitian butuh waktu 5 bulan sampai dapat explant tanaman transgenik. 4 bulan kedepan menulis thesis. pas waktu setahun ini digunain untuk penelitian. aku kembali membaca dan memperhatikan secar detil tabel2 waktu itu. semoga pembimbing ku menerima usulan penelitianku yang sedikit gila, menurutku.
***
Berangkat kekampus dengan sedikit was2, karena hari ini janjian ketemu dengan pembimbing. "semoga usulan waktu penelitian diterima!" bisikku dalam hati. pukul 1 siang tiba wktu untuk ku menghadap pembimbing thesisku. seperti biasa, wajah ramah kebapakan selalu tersuguhkan saat bertemu beliau. aku duduk diruangan beliau yang dipenuhi berbagai poster risetnya dan tumpukan2 teks book yang tersusun tapi di 3 rak. 
"silahkan duduk.."
aku duduk dikursi yang berhadapan dengannya. hatiku kembali galau. ragu untuk menyodorkan kertas oretan schedulle penelitian yang telah aku buat. apa ini tak terlalu mendesak? terlalu terburu? gimana kalau ditolak? emang ini yang diinginkan pak soni ya? kok gak nanya2 dulu kenapa beliau mint menghadapnya hari ini?. sambil sibuk mikir, sambil mengeluarkan catatan penelitian dari tasku dan menyiapkan kata2 terbaik tiba2 beliau membuka pembicaraan,
"Kalau tahun ini, apa kamu bisa mendapatkan hasil tanaman transgeniknya fa?" pertanyaan itu membuatku terbengong2. Maysallah, tahun ini? itu berarti aku harus menyelesaikan penelitian ku dalam tahun ini. ya Rabb, aku baru memikirkan tapi Engkau sudah menyuguhkan jalannya dengan sangat jelas. Mendadak dalam benak yang sedang bertanya apa mungkin aku bisa melakukannya? aku sama sekali belum punya dasar yang mantap untuk kerja digenetika molekuler. apa lagi buat tanaman transgenik. masa' tiap waktu harus tanya2 kebeliau? pembimbingku kan super sibuk. bilang iya gak ya? kok jadi ragu gini. kan aku udha menyusun jadwalnya sebelum beliau bilang. tolong ya Allah.ibaku dalam hati. aku masih diam. bingung mw jawab apa. tapi sepertinya beliau tidak minta persetujuanku. ini lebih seperti perintah. dan nikmat hari ini bertubi lagi...Allah mengerti apa yang aku fikirkan. dan seketika solusi cantik tanpa ku minta dna terfikirkan, disuguhkan seketika
" Nanti kerja kamu akan dibantu dengan teknisi khusus tanaman transgenik di lab Kultur supaya lebih mudah. saya sudah koodinasikan tadi. ada 2 topik yang perlu kita selesaikan tahun ini. karena kalau tidak selesai tahun ini maka semester depannya tidak ada alokasi dana untuk penelitian transgenik padi ini. jdi saya harap kita bisa bekerjasama!" wew..aku hanya bisa bertasbih. kalau sudah pembimbing yang bilang begini, konsekuensinya beliau yang akan mendesak2 kerja kita dan kitapun akan segera menyelsaikannya tanpa menunda2 lagi. wlau konsekuensinya kita harus menyediakan tabung oksigen banyak2 untuk antisipasi sewaktu2 semaput ^^.. ya Rabb semoga bisa menyelsaikan penelitian ini dengan baik dan menyeimbangkan dengan jadwal kuliah semester dua yang semakin padat. trus ntar smster 3 mw ngapain? nanti kita fikirin rencananya ^^..Chayooo...Allah selalu tau dan lebih tau yang terbaik untuk kita hambanya :)..Allah telah mengadakan ketentuan untuk setiap sesuatu dan biarkan Allah yang mengurus urusannya. klu kita ikut mikirin urusan Allah misal. nanti gimana ya depannya? itu mah urusan Allah. kita cukup. lakukan yang terbaik, patuh, taat, takwa dan tawakalla...dan tunggu kejutannya..yuuk semakin perdalam tauhid dan ma'rifat kepada Allah Azza wa Jalla...luv Allah..Full...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar