Sabtu, 23 Februari 2013

Genetika mendel di transgenik

Genetika mendel di transgenik

Seorang ahli genetika perlu untuk menguasai teori genetik klasik mendel dan teori genetika modern dengan tujuan produk genetik yang dihasilkan valid terlebih jika bekerja dengan perakitan tanaman transgenik.  Pada kasus ini tanaman transgenik yang ditulis adalah padi gogo kultivar kasalath.  Padi Kasalath berhasil ditransformasi dengan gen SOD.  Kasalath transgenik dinamakan T0 (transgenik 0).  Jika T0 jika ditanam menghasilkan biji T1. Biji T1 disemai, benih yang tumbuh dinamakan tanaman T1, ketika berbuah disebutnya biji T2 begitu seterusnya. Agar gen SOD dikasalath transgenik permanen, perlu dilakukan uji chi kuadrat untuk mendapatkan kasalath transgenik homozigot dominan. Tanaman T0 memiliki gen heterozigot karena biji berasal dari hasil persilangan.  


M
m
M
MM
Mm
m
Mm
mm

Misal: M adalah kasalath SOD dan m adalah 0. Hasil biji T1 diduga masih heterozigot.  Langkah selanjutnya melakukan seleksi ketahanan higromisin pada minimal 100 biji T1 untuk melihat populasinya. Jika ditemukan individu yang mati diduga tanaman yang mati itu memiliki genotipe homozigot resesif karena tidak toleran terhadap higromisin.  Individu T1 yang hidup ditanam dan dibiarkan menyerbuk sendiri.  Biji T2 (100 biji) dipanen dan kembali diseleksi dengan higromisin.  Jika percobaan perjalanan normal maka akan diperoleh individu T2 yang hidup semua atau perbandingan populasi mendekati perbandingan mendel yaitu 3:1.  Tanaman T2 bisa dikatakan tanaman kasalat transgenik SOD. 
 Dalam proses perakitan tanaman transgenik sebaiknya spesies target merupakan tanaman ekonomis. Tetapi terkadang yang menjadi kendala tanaman yang bernilai ekonomis sulit untuk dilakukan transformasi. Tanaman hasil transgenik yang stabil walaupun tak bernilai ekonomis bisa dijadikan aset sebagai tetua untuk mentransfer gen target secara alami melalui uji silang atau backcross.  Misalnya kasalath trangenik tak ekonomi untuk ukuran padi Indonesia, bisa dikawinkan dengan padi lokal unggul dan dilakukan backcross beberapa kali untuk mendapat gen target yang permanen pada padi lokal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar