Jumat, 15 Februari 2013

Bahan Genetik

BAHAN GENETIK
kromoson tu tersusun dari nukleopotein, yaitu senyawa antara asam nukleat (senyawa organik yang terdapat didalam inti sel) dan protein, seperti histon atau protamin. yang membawa keterangan genetik hanya asam nukleat saja yang terdiri dari 2 bentuk:
a.  Deoksiribonuklead Acid (DNA)
Sejarah 
> 1869 = DNA pertama kali diisolasi oleh F.Miescher (om Miescher di jaman abad 18 aja udah bisa isolasi DNA, masa kamu yang diabad 21 gak bisa ^^). om Miescher mengisolasi DNa dari spermatozoa dan dari nukleus sel darah merah burung. awalnya belum bisa mengenal sifat kimia yang pasti dan kemudian dinamakan nuklein. om Miescher emang hebat dan tekun, 20 tahun kemudian 1880 beliau tau kalau senyawa kimia yang awalany disebut nuklein itu adalah zat purin dan pirimidin yang terdapay didalam asam nukleat. setelah itu datang peneliti2 baru. 
> 1910 ada Kossel yang menemukan pirimidin ada 2 yaitu sitosin dan timin sedang purin ada 2, adenin dan guanin, akhirnya ia mendapat nobel pada tahun 1910 (kereeen,,klu aku bisa apa T.T..memahami ilmu genetik aja berat apatah lagi melakukan suatu penemuan.Cemungud ea). Levine, ahli biokimia Rusia pada tahun 1910 mengenal gula 5 karbon ribosa, gula deoksiribosa didalam asam nukleat, asam phospat dan asam nukleat. 
> 1914= Robert Feulgen menunjukkan suatu test warna nuntuk DNA yang dikenal dengan Reaksi Feulgen.  
> 1947 = Chargaff  menemukan bahawa porsi basa purin dan pirimidin sama banyak
> 1950 = Wilkins dkk dengan cara difraksi menenukan basa purin dan pirimidin terletak dengan jarak 0,00 mikron. menemukan bahawa molekul DNA berpilin seperti spiral
> 1953 = Wathson dan Crick menyatakan molekul DNA itu spiral doule helix dan memperlihatkan berbagai aktivitas
> 1957 dan 1967 = Kornberg membuktikan kebenaran double helix dengan cara membuat molekul DNA dalam sistem sel bebas. ia membuat molekul DNA dari 6000 nukleotida.

Terdapatnya
DNA terdapat disemua makhluk hidup. di organel sela adanya cuma di nukleus (kromosom), mitokondria, plastida dan sentriol. pada paramecium, amoeba, amphibi dan paku2an, DNA terdapat didasar sitoplasma.

Kandungan DNA di nukleus
Banyakny DNA diukur dengan pikogram (suatu mikrounit dari berat). 1 pg= 10min12 gram. banyaknya DNA selalu konstan dari spesies ke spesies. misalnya DNA sel diploid ayam 2,5 pg, spermatozoanya ternyata hanya mengandung 1,25 pg.  banyaknya DNA dalam sel berhubungan erat dengan sifat ploidi atau jumlah kromosom dari sel itu. contoh, sel hati bersifat tetraploid (4n) mengandung DNA dua kali lipat dari banyaknya DNA didalam sel diploid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar