Efa riana NHW #5_
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH
Dalam NHW#5 peserta matrikulasi ditugaskan untuk belajar
mengetahui apa itu desain pembelajaran dan membuat desain pembelajaran pribadi yang
bisa dilaksanakan kedepan.
Apa itu desain pembelajaran?
Dari
hasil penelusuran di website yang saya lakukan cukup banyak dan kompleks
pembahasan tentang teori desain pembelajaran. Dalam penjabaran kompleks, terdapat beberapa teori
dan model dalam desain pembelajaran. Teori dalam desain pembelajaran
diantaranya teori behaviorisme, teori kognitivisme dan teori konstruktivisme,
sedang untuk model dalam desian pembelajaran yaitu model dick and carrey, model
kemp, model assure, model ADDIE dan model hanafin and peck.
Pada
pembahasan tugas kali ini saya menuliskan kembali tentang desain pembelajaran dalam
tampilan sederhana yang mudah saya pahami dan bisa dieksekusi untuk membuat desain
pembelajaran saya pribadi. Pertama kita
perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian belajar. Belajar adalah suatu proses yang berlangsung dalam diri
seseorang yang mengubah tingkah laku baik dalam cara berfikir, bersikap dan
berbuat. Pembelajaran
merupakan suatu proses transfer ilmu yang melibatkan system dalam dunia pendidikan
yaitu guru, murid, materi, tujuan dan alat. Desain pembelajaran adalah suatu proses merumuskan tujuan
pembelajaran, strategi, teknik dan media untuk memecahkan masalah dan mencapai output yang direncanakan dari
pembelajaran.
Komponen utama
dalam membuat desain pembelajaran yaitu :
1.
Tujuan
pembelajaran (tujuan umum dan khusus) adalah penjabara kompetensi yang akan
dikuasi
2.
Pembelajar
(pihak yang menjadi fokus) yang diketahui meliputi karakteristik pembelajar,
kemampuan awal an syarat
3.
Analisis
pembelajaran, merupakan proses menganalisis topic ataun materi yang dipelajari
4.
Strategi
pembelajaran, dapat dilakukan secara makro dalam kurun saru tahun atau mikro
dalam kurun satu kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar adalah format materi
yang akan dipelajari
5.
Penilaian
belajar, tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah dikuasi atau
belum.
DESAIN PEMBELAJARAN
1.
Tujuan
pembelajaran
a) Tujuan umum
Beribadah
kepadaNYa (Adzariyat:56). Ibadah adalah segala aktivitas yang dilakukan dengan
niat karena Allah.
b) Tujuan khusus
Menjadi
seorang akademisi yang sukses mendidik anak dan mahasiswa. Menjadi guru/dosen
yang selalu menebarkan ilmu2 bermanfaat sebagai amal jariyah dalam rangka
beribadah kepada Allah.
2.
Karakteristik
pembelajar
a)
Misi : memberi inspirasi dan
motivasi
b)
Bidang : akademisi parenting
c)
Peran : guru inspirator dan
motivator
3.
Analisis pembelajaran
a)
Cakupan materi di bidang akademisi :
Ø Genetika dasar
Ø Bioteknologi
Ø Biologi molekuler
b)
Cakupan materi bidang parenting :
Ø Bunda Sayang :
Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
Ø Bunda Cekatan :
Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
Ø Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat,
kemandirian finansial dll
Ø Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak
orang
4.
Strategi pembelajaran
a)
Bidang akademisi : menghadiri
seminar hasil penelitian, workshop, buku ajar, pembahasan artikel jurnal ilmiah
terkait, kompetisi hibah penelitian
b)
Bidang parenting : mengikuti kajian
parenting online maupun offline, membaca buku2 terkait, belajar via youtobe
5.
Penilaian pembelajaran
Dilakukan
dengan membuat ceklish pencapaian yang akan di evaluasi oleh anggota keluarga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar