Jumat, 24 Februari 2017

BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR



Efa riana NHW #5_
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL  BATCH 

Dalam NHW#5 peserta matrikulasi ditugaskan untuk belajar mengetahui apa itu desain pembelajaran dan membuat desain pembelajaran pribadi yang bisa dilaksanakan kedepan. 
Apa itu desain pembelajaran?
            Dari hasil penelusuran di website yang saya lakukan cukup banyak dan kompleks pembahasan tentang teori desain pembelajaran.  Dalam penjabaran kompleks, terdapat beberapa teori dan model dalam desain pembelajaran. Teori dalam desain pembelajaran diantaranya teori behaviorisme, teori kognitivisme dan teori konstruktivisme, sedang untuk model dalam desian pembelajaran yaitu model dick and carrey, model kemp, model assure, model ADDIE dan model hanafin and peck. 
Pada pembahasan tugas kali ini saya menuliskan kembali tentang desain pembelajaran dalam tampilan sederhana yang mudah saya pahami dan bisa dieksekusi untuk membuat desain pembelajaran saya pribadi.  Pertama kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian belajar. Belajar adalah suatu proses yang berlangsung dalam diri seseorang yang mengubah tingkah laku baik dalam cara berfikir, bersikap dan berbuat. Pembelajaran merupakan suatu proses transfer ilmu yang melibatkan system dalam dunia pendidikan yaitu guru, murid, materi, tujuan dan alat. Desain pembelajaran adalah suatu proses merumuskan tujuan pembelajaran, strategi, teknik dan media untuk memecahkan masalah dan mencapai output yang direncanakan dari pembelajaran.    
            Komponen utama dalam membuat desain pembelajaran yaitu :
1.      Tujuan pembelajaran (tujuan umum dan khusus) adalah penjabara kompetensi yang akan dikuasi
2.      Pembelajar (pihak yang menjadi fokus) yang diketahui meliputi karakteristik pembelajar, kemampuan awal an syarat
3.      Analisis pembelajaran, merupakan proses menganalisis topic ataun materi yang dipelajari
4.      Strategi pembelajaran, dapat dilakukan secara makro dalam kurun saru tahun atau mikro dalam kurun satu kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar adalah format materi yang akan dipelajari
5.      Penilaian belajar, tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah dikuasi atau belum.



DESAIN PEMBELAJARAN
1.      Tujuan pembelajaran
a)      Tujuan umum
Beribadah kepadaNYa (Adzariyat:56). Ibadah adalah segala aktivitas yang dilakukan dengan niat karena Allah. 
b)      Tujuan khusus
Menjadi seorang akademisi yang sukses mendidik anak dan mahasiswa. Menjadi guru/dosen yang selalu menebarkan ilmu2 bermanfaat sebagai amal jariyah dalam rangka beribadah kepada Allah.

2.      Karakteristik pembelajar
a)      Misi : memberi inspirasi dan motivasi
b)      Bidang : akademisi parenting
c)      Peran : guru inspirator dan motivator

3.      Analisis pembelajaran
a)      Cakupan materi di bidang akademisi :
Ø  Genetika dasar
Ø  Bioteknologi
Ø  Biologi molekuler
b)      Cakupan materi bidang parenting :
Ø   Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
Ø   Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
Ø  Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll
Ø  Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

4.      Strategi pembelajaran
a)      Bidang akademisi : menghadiri seminar hasil penelitian, workshop, buku ajar, pembahasan artikel jurnal ilmiah terkait, kompetisi hibah penelitian
b)      Bidang parenting : mengikuti kajian parenting online maupun offline, membaca buku2 terkait, belajar via youtobe

5.      Penilaian pembelajaran
Dilakukan dengan membuat ceklish pencapaian yang akan di evaluasi oleh anggota keluarga.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar