Jumat, 03 Februari 2017

Tips menghemat waktu dalam memasak bagi Moms (berbalita)

Masak memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi orang yang hobi masak. merencanakan menu, menglist bahan bahan belanjaan, , mempersiapkan bumbu, dan berkreasi didapur sampai terkadang berjam jam. Bagaimana dengan seseorang yang tidak hobi memasak? Barangkali memasak bagi mereka merupakan aktivitas yang wasting time. Tetapi lagi bagi seseorang dengan peran istri dan ibu, memasak adalah pilihan yang seringnya harus dilakukan terlepas hobi atau tidak, demi menjaga kesehatan anggota keluarga dan menjaga kas Negara rumah tangga hehe…Memasak juga menjadi tantangan tersendiri bagi moms yang sedang memiliki balita2 lucu nan aktif yang selalu ingin nempel sama ibunya atau ikut bereksplorasi saat moms sedang memasak. Kondisi ini selain ‘mengganggu’ aktivitas moms didapur, juga dapat membahayakan balita kita.
Nah untuk mempersingkat waktu didapur dalam rangka masak memasak, beberapa tips yang bisa dilakukan diantara :

1.      [5 menit] Untuk menghemat waktu berbelanja bahan masakan moms bisa merencanakan menu untuk seminggu kedepan, sehingga moms hanya perlu berbelanja ke pasar sekali seminggu. Belilah bahan bahan yang bisa di stok di kulkas .

2.      Buatlah daftar menu yang tidak memerlukan waktu banyak dalam persiapan memasak misalnya, menu tumisan, goreng, gulai, sup, pindang, panggang.


3.      [1 jam] Menu yang telah di rencanakan kemudian di list dalam bentuk bahan2 yang akan dibeli, biasanya terdiri dari lauk (ikan, ayam, udang, kerang, daging telor, ikan asin, teri), sayuran dan aneka bumbu. List bahan ini berguna untuk mengontrol budget dan waktu moms berbelanja. Jika mom sudah menemukan pola berbelanja dan tempat langganan, maka waktu 1 jam atau kurang cukup untuk berbelanja ke pasar.

4.      [2 sampai 3 jam] hal yang membuat waktu memasakan menjadi lama adalah persiapan bumbu2 misalnya mengupas dan menggiling/ memblender bumbu, membersihkan bahan lauk. Jadi, sesampai di rumah, moms perlu menyediakan waktu untuk membuat stok bumbu diantaranya :
@   cabe giling, bawang merah dan bawang putih giling, cabe yang sudah di buang tangkainya tangkainya, bawang kupas, bawang iris, jahe dan kunyit giling, daun bawang, daun seledri, sereh yang sudah dibersihkan, daun salam yang sudah di pisahkankan dari tangkainya
@ Bahan lauk juga perlu dibersihkan terlebih dahulu dan dipotong potong sebelum disimpan di freezer dalam kemasan sekali masak
@ Sayur2an yang cepat layu bisa di potong2 untuk dimasak besoknya

5.      [ 10 sampai 50 menit] untuk hari selanjutnya moms bisa memasak dengan waktu singkat sesuai list menu yang sudah moms persiapkan.

6.      Selamat dan semangat mencoba

Best regard : efa riana zahid (ummu azam hafiz/12 mo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar