Jumat, 01 Desember 2017

#Day 2 : Toilet Training – tantangan 10 hari melatih kemandirian anak


Menjalani toilet training, sang ibu perlu dibekali pengetahuan agar pelaksanaanya terarah.  Jadilah hari ini saya mengumpulkan dan menuangkannya kedalam tulisan dengan satu judul yang akan saya upload di blog.  Salah satu ilmu hasil bacaan yang saya terapkan hari ini adalah mengenali waktu kapan jadwal azam BAK/BAB. Ini nantinya akan menjadi acuan dalam mengatur waktu kapan saya harus membimbing azam ke toilet.  Dari pengamatan kegiatan pra toilet training yang telah di jalankan sebelumnya, hari ini saya menyimpulkan jadwal BAB azam hampir setiap pagi saat bangun tidur dan jadwal BAK saat siang hari adalah pada waktu sebelum jam 12 sebanyak 2 kali, dan sore sebanyak 2 kali. Dibawah jam 12 biasanya BAK saat bangun tidur.

Saat azam bangun tidur siang hari ini, saya menawarkan ia untuk pipis ke kamar mandi. Tetapi dia menolak sambil nangis dan saya pun mengalah sembari bilang “nak nanti klu kebelet pipis bilang umi ya,”..dia pun menjawa iya. Tapi saya sendiri sangsi dengan jawaban ‘iya’ nya. Dan bener saja tak lama saya menemukan kasur basah. Disitulah kesabaran saya di uji haha…ini sudah sering terjadi, dan sya belum tegas untuk tetap mengajaknya ke kamar mandi. Pernah suatu kali saya paksa,azam malah nangis guling guling atau kalau tidak ia akan membuat saya menunggu lama dikamar mandi. #urut2 dada sambil istighfar.

Untuk malam hari saya masih belum mantap untuk melepaskan diapersnya, karena sampai hari ini setiap pagi saya selalu menemukan diapernya penuh.  Ah butuh masukan dan solusi nih hehe..

#Harikedua
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar