Senin, 11 Desember 2017

#Day 12 : Memakai Pakaian sendiri – tantangan 10 hari melatih kemandirian anak


                Hari ini saya mengajarkan azam untuk melepaskan celana.  Pelajaran ini sudah saya sounding dan ajarkan sejak azam berusia 16 bulan.  Tetapi pada saat itu dijalani tidak konsisten.  Disaat ingat, baru saya meminta azam untuk belajar melepaskan baju atau celananya.  Di kesempatan ini hingga hari ke 17, saya ingin mencoba mengajarkan azam mandiri berpakaian. 
                Azam sudah mulai tidak nyaman saat ia pipis atau pup dicelana. Pelajaran toilet training yang di rutinkan 7 hari pertama di game level dua masih belum membuahkan hasil 100% azam mandiri.  Saat ia pipis dicelana, ia segera meminta saya untuk melepaskan celanaya. Disaat itulah saya mencoba masuk memberikan perintah agar azam melepaskan celananya sendiri
“coba sekarang azam tanggalkan sendiri celananya..” perintah ku saat ia mulai rewel minta bantuan untuk membuka celananya.  Setelah aku memberikan contohnya, azam mengikuti sembari ku pimpin prosesnya.
“Ayo sekarang coba tarik kebawah bagian depannya,” azam mengikuti perintah.. tetapi ia mulai gusar saat celana yang ia tarik yangkut bagian belakangnya.
“Nah, sekarang coba tarik bagian belakangnya”, azam berhasil menurukan celana hingga ke betis. “ coba sekarang azam duduk, lepaskan celananya”, terang ku semangat. Azam kembali mencoba. Ia gusar menyerah ketika ujung celana tersangkut di tumit. Aku mencoba membantunya.  Pelajaran hari ini selesai.
                 
#Harikeduabelas
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar